Minggu, 14 September 2008

Nyanyi VS Ortu


Pagi ini GTC nerima email dari Norman, one of our’s Tenors. This story n tips inspired by his email.

Semua anggota paduan suara pasti tau, hal yang paling sulit ketika ada event adalah bukan dari sisi latihan, teknik, bahkan dana. Yang paling sulit itu ada lah izin orang tua.
Yeah, sounds childish right? But its crucial, terutama kalau anggota PS-nya masih umur belasan tahun. Entah orang tua yang panik anaknya gak pulang-pulang, atau orang tua yang gerah ngeliat duit yang dibayar untuk sekolah malah dipake buat nyanyi…huhuhu. Orang tua pusing, conductor pusing, singers pusing…semuaa pusing.

Well, di GTC sendiri udah sering banget kejadian kayak gitu. But selalu berakhir dengan happy ending. Here’s what Norman says on his email:

“gak gampang buat bisa itb . . . . .
untuk gue ajah susahnya minta ampun . . .
minta izin ke nyokap susah! ! !

tapi akhirnya,, didukung juga sih sama beliau . . .
bahkan ampe ke Bandung dan ngasih standing applause segala . . .
jadi malu gue . . . . “

Huhuhu..makasih ya Tante. Kita jadi nget waktu Norman tiba-tiba menghilang dari peredaran. Padahal waktu itu kita lagi siap-siap ngadain konser internal buat cari dana ke ITB. Kata anak-anak, Norman gak boleh latian sama nyokap gara-gara rapotnya jelek…wuaduh! Kenapa PS yang disalahin ya? Siapa tau Norman gak belajar gara2 pacaran, atau kebanyakan maen game dirumah. Atau mungkin aja Normannya yang agak bolot waktu guru Kimia nerangin kalo Oksigen dan Hidrogen itu materi yang sangat berbeda. Soalnya di ulangan Norman jawab bahwa Oksigen n Hidrogen itu sama aja. Sama2 gak keliatan, katanya. Isep aja tuh hidrogen, Norman.

Berikut sedikit tips buat singers yang susah latihan karena gaknjelan ortu :

Seimbangin Antara Pergi Latihan N Belajar.
Maksudnya agak caper dikit gitu loh. Okelah kita latihan di hari Sabtu Minggu, tapi di hari-hari lainnya tunjukin ke ortu kalau kita tuh banyak PR n tugas sekolah (walopun di kamar taunya cuma maen PlayStation or updating FS, huhuhu) Pokoknya sok sibuk deh.

Banyak Komunikasi Sama Ortu.
Another “carmuk” mission. Perbanyak ngobrol sama ortu, mulai dari hal2 yang gak penting sampe hal2 yang gak jelas. Kalo perlu sok berbasa basi nanyain kerjaan kantornya (walopun akhirnya keder sendiri) Kalau suasananya dah asik, baru masuk ke topic paduan suara. Misalnya
“Mah tadi latihan lagunya bagus deh. Mo denger gak?”
“Pah, tadi pas Ajeng latihan, masa anak Bass-nya ada yang keren berwibawa gitu Pah gemes deh
“Mah, tadi pas Neno latian, Conductor-nya bawa Pizza Hut sampe60 loyang, satu anak dapet satu loyang,malah Neno dapet dua loyang…soswiit bgt deh. Tadinya mo bawa ke rumah, Tapi Neno gak sengaja abisin di angkot..maap yach”

Perkenalkan Dunia Paduan Suara
Beruntung banget anggota PS yang punya ortu pemusik, apalagi mantan or penyayi PS. Tapi bagi yang nggak? Mayan repot. Well’ it’s a new world for them. Ceritain ke mereka apa sih PS itu, apa sih yang bisa didapet dari berorganisasi sambil bernyanyi, ceritain temen2 baru di PS and anything about it.

Bawa Temen2 PS Main ke Rumah
Kalau perlu latihan di rumah. Jadi ortu tau temen2 nyanyinya sama sapah ajah.

Show Them What You’ve Got!
Kenapa ya, kadang2 kita suka malu nyanyi di depan ortu sendiri? Malah pas kita masuk PS, ortu nanya “Mang lu bisa nyanyi?” Naaahh ini dia nih salahnya. Jangan malu. They’re your parents! They will be proud if u can sing! Jadi ketika mo latihan PS gak ada salah persepsi
“Duh si Nami anak gue ternyata bisa nyanyi..jadi solis di ITB pula. Gak percuma gue kasih sarapan oseng pete daun kemangi tiap pagi waktu SD”Begitulah kira2 pengakuan haru nyokapnya Nami, ketika liat anaknya jadi solis di ITB (dengan gaya goyang dada itu)

They Don’t Trust You
Makanya, jadi anak jangan suka boong ke orang tua. You think you’re smart? Heh, yang namanynya nyokap bokap tuh pernah seumuran elu…opkorz mereka pernah boong sama kakek nenek elu , jadi mo boong apa, mereka juga pernah ngelakuin itu. Jujur aja bilang mo latian, kalo gak boleh Tanya baik2 alesannya kenapa kok gak boleh. Kalo perlu sampe mewek2 n ngesot2 di lantai….daripada boong…? Mendingan mana? Biasain ngomong jujur sama ortu. It helps a lot. Hal yang paling sedih adalah ketika kita kehilangan kepercayaan ortu.

Show Them Music Not Just A Hobby.
Kalau yang masuk PS dengan alesan “mengisi waktu luang” ke laut aja deh. Orang2 ini akan terkikis hukum rimba. Tunjukin ke Ortu bahwa nyanyi dan berorganisasi itu gak cuma menyenangken tapi juga ngebantu mendewasakan kepribadian (taela bahasa gue…)

Beles Semua Kepercayaan Dengan Prestasi
Entah itu prestasi di PS sendiri atau prestasi akademik. Selesai urusan!

Kayaknya sih itu aja deh…ada yg mo nambahin?

1 komentar:

Bram Munthe mengatakan...

boong ntu Dosa!!
gw binggung nulis essay... ntar klw udah ada ide lagi deh...